Wanted . . . .

Total Tayangan Halaman

Minggu, 13 Mei 2012

Berita ter uptodate tentang pesawat Sukhoi Superjet 100 (2)

Kecelakaan Sukhoi Guncang Penerbangan Rusia

 

TEMPO.CO, Moskow - Kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di Indonesia rupanya mengguncang industri penerbangan di Rusia. Sebab Superjet 100 sebagai pesawat berpenumpang yang didesain dan dibuat oleh perusahaan-perusahaan penerbangan Rusia ini baru saja melakukan penerbangan perdananya pada April 2011.
Selama ini, pesawat Rusia sebagian besar dirancang sebelum runtuhnya Uni Soviet pada 1991. Lalu, sebagai bukti kebangkitan pasca-runtuhnya Soviet, Rusia mulai tertarik lagi mengembangkan industri penerbangannya.
Para pengamat memang mengkritik pesawat Superjet di beberapa titik, namun tak ada keraguan terkait dengan faktor keselamatan dan kinerjanya. Yang disoroti adalah Superjet membutuhkan lapangan udara yang layak karena di Rusia hanya ada sedikit lapangan udara dan jaraknya yang berjauhan. Kecelakaan yang terjadi di Indonesia selama tur promosi Superjet di Asia tentu akan menjadi pukulan psikologis besar pada industri penerbangan Rusia.
Para profesional dalam industri ini memang belum menggunakan kecelakaan di Indonesia untuk menarik kesimpulan tentang pesawat secara keseluruhan. Mereka menilai masih terlalu sedikit informasi yang diketahui tentang apa yang sebenarnya terjadi.
Beberapa pihak ada yang meragukan kompetensi para kru. Meskipun pesawat ini dikemudikan pilot profesional dan berpengalaman.
Magomed Tolboev, salah satu test pilot terkenal di Rusia, mengatakan kepada media di sana bahwa kecelakaan mungkin saja terjadi terkait dengan masalah persiapan penerbangan. Penerbangan dilakukan di medan pegunungan yang cukup sulit.
Namun mantan test pilot, Mikhail Makarov, mengatakan terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa persiapan yang kurang menjadi penyebab kecelakaan.
"Anda bisa saja menemukan penyimpangan dalam hal apa pun," kata Makarov. "Dan tak ada satu pun orang yang mampu mempertimbangkan semua kemungkinan, terutama jika cuaca yang tak menentu dan Anda terbang di atas daerah pegunungan."
Pengamat juga membandingkan jatuhnya Sukhoi Superjet di Indonesia dengan kasus serupa terhadap tim akrobatik Russian Knights. Pada 1995, tiga jet tempur dari unit itu kembali dari pertunjukan udara di Malaysia. Mereka rencananya singgah di pangkalan militer Rusia di Vietnam. Namun pesawat itu menabrak pegunungan.
Saat itu penyelidik mengatakan kecelakaan terjadi karena persiapan penerbangan yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar