Wanted . . . .

Total Tayangan Halaman

Senin, 09 Juli 2012

Abu Bakar As Shiddiq RA

Abu Bakar As Shiddiq RA

Abu Bakar adalah khalifah pertama pengganti Nabi Muhammad SAW. Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Abi Kuhafah at-Tamimi. Abu Bakar berasal dari keluarga bangsawan Quraisy kaya dan merupakan pemeluk agama Islam ke dua setelah istri nabi Muhammad SAW yaitu Siti Khadijah.
Abu Bakar menjadi sahabat nabi yang sangat setia dan dikenal sebagai tokoh yang jujur, lurus, dan sangat dipercaya. Oleh karena itu beliau mendapat gelar “As Shiddiq” (yang dipercaya).
Ketika hijrah ke Madinah, Abu Bakar setia sekali menemani Nabi SAW, termasuk ketika bersembunyi di gua Sur. Ketika Nabi SAW uzur, beliau ditunjuk oleh nabi SAW menjadi imam shalat.
Pada awal perjuangan Islam, Abu Bakar sering mendermakan hartanya untuk kaum muslimin yang miskin dan untuk membebaskan budak yang disiksa oleh majikannya karena memeluk agama Islam, misalnya Bilal.
Perangai Abu Bakar RA sangat mulia, maka sangat pantas untuk diteladani oleh setiap muslim. Kemuliaan dan keteladanan Abu Bakar tidak hanya diakui oleh Rasulullah SAW atau para sahabat-sahabatnya. Dalam al Qur’an pun juga di kisahkan.
Kemuliaan dan keteladanan Abu Bakar yang dikisahkan dalam Al Qur’an diantaranya:
1. Pembenar Segala Berita nabi Muhammad SAW
Kita ketahui bahwa sahabat Nabi yang satu ini adalah orang yang selalu membenarkan apa yang diberitakan oleh nabi Muhammada SAW. Ketika orang lain meragukan sesuatu berita yang disampaikan Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar selalu membenarkannya.
2. Orang yang paling taqwa setelah Nabi Muhammad SAW
Abu Bakar memerdekakan tujuh orang budak yang disiksa oleh majikannya. Mereka disiksa hanya karena beriman kepada Allah SWT. Dengan dimerdekakannya, maka ke tujuh orang budak itu selamat dari siksaan majikan mereka. Dan yang terpenting adalah mereka dapat menyelamatkan keimanan mereka kepada Allah SWT.
3. Pendamping nabi di dalam Gua
Abu Bakar merupakan pendamping setia Nabi Muhammad SAW baik dalam suka dan duka ketika dikejar-kejar oleh Abu Jahal dan pasukannya.
4. Penolong Agama Allah SWT
Kaum Muslimin enggan untuk berangkat jihad dalam peperangan Tabuk yaitu untuk menolong agama Allah kecuali Abu Bakar. Abu Bakar sebagai pencerah suasana, menyadarkan kaum muslimin agar terhindar dari bisikan kaum munafik yang menyesatkan .
Akhirnya mereka menyadari kekeliruannya dan tumbuh semangatnya untuk berangkat ke medan perang, membela tegaknya agama Allah (menolong agama Allah).
1. Sahabat yang pemaaf
Abu Bakar pernah bersumpah tidak akan memberi nafkah kepada Misthah, seorang kerabatnya sendiri yang miskin yang menuduk Aisyah berbuat serong
Tetapi Abu Bakar segera memaafkan Mitsthah dan mencabut sumpahnya seraya berkata”Ya Tuhan kami, kami pasti menginginkan ampunan-Mu dan kami akan memberi nafkah kembali kepada Misthah sebagaimana mestinya”
Selain Al Qur’an, dalam Hadits banyak keteladanan dari Abu Bakar yaitu:
  1. Kepercayaan nabi Muhammad SAW
  2. Sahabat yang paling kuat imannya
  3. Abu bakar bukan sembarang sahabat
  4. Penenteram hati Rasulullah SAW
  5. Sahabat yang pertama kali masuk surga
  6. Ahli surga
  7. Teladan bagi umat islam
    1. Sahabat paling Dermawan
    2. Sahabat paling pemaaf
    3. Sahabat paling penyantun
    4. Sahabat paling pemberani
Apa yang Dikatakan Rasullullah SAW tentang Abu Bakar RA                                                                                       
         Abu Bakar RA adalah orang dewasa pertama yang masuk islam, tetapi bukan itu saja, Rasullullah SAW juga             memujinya karena cara penerimaan ajakan Rasullullah SAW untuk memeluk islam. Tentang hal ini Beliau bersabda, "Tiada pernah aku mengajak seseorang masuk Islam, tanpa ada hambatan, tanpa mengemukakan pandangan dan alasan kecuali Abu Bakar. Ketika aku menyampaikan ajakan tersebut, dia langsung menerimanya tanpa ragu sedikitpun."                                  
        Abu Bakar RA juga sahabat Rasullullah SAW jauh sebelum Beliau mendakwahkan Islam. Selisih usianya yang hanya bertaut dua tahun lebih muda, dan kemuliaan budi pekerti Abu Bakar dibandingkan orang-orang Makkah saat itu, membuatnya dekat dan akrab dengan Rasullullah SAW. Bahkan Abu Bakar menjadikan sosok Nabi SAW sebagai cerminan dan teladan untuk meningkatkan kualitas dirinya. Tak heran begitu memeluk Islam, keimanan dan keteguhannya dalam menjaga agamanya tak diragukan lagi, bahkan Rasulullah SAW sendiripun memujinya. Beliau bersabda tentang dirinya "Jika ditimbang keimanan Abu Bakar dengan keimanan seluruh umat, akan lebih berat keimanan Abu Bakar." (HR Iman Baihaqi, dalam Asy Syib)                                    
        Masih banyak lagi pujian Nabi SAW terhadap Abu Bakar, misalnya : Pemimpin jamaah di surga, Semua pintu surga akan memanggilnya untuk memasukinya, Orang pertama yang masuk surga dari umat Nabi SAW, dll.                                                                                           
 
Kegigihan Abu Bakar RA dalam Menjalankan dan Mendakwahkan Agamanya

SUMBER :  http://www.speedytaqwa.com/aboutislam/detail/15/40/abu-bakar-as-shiddiq-ra-.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar