Wanted . . . .

Total Tayangan Halaman

Kamis, 29 September 2011

Human error

Manusia kesalahan telah dikutip sebagai penyebab atau faktor dalam bencana dan kecelakaan dalam industri yang beragam seperti tenaga nuklir (misalnya, kecelakaan Three Mile Pulau ), penerbangan (lihat kesalahan pilot ), eksplorasi ruang angkasa (misalnya, Space Shuttle Challenger Bencana ), dan obat (lihat kesalahan medis ). Hal ini juga penting untuk menekankan bahwa "kesalahan manusia" mekanisme yang sama seperti mekanisme "kinerja manusia"; kinerja kemudian dikategorikan sebagai 'kesalahan' ini dilakukan agar di belakang: Oleh karena itu tindakan kemudian disebut "kesalahan manusia" yang sebenarnya bagian dari spektrum perilaku manusia biasa. Studi tentang linglung dalam kehidupan sehari-hari menyediakan dokumentasi yang cukup dan kategorisasi aspek-aspek seperti perilaku. Sementara kesalahan manusia yang tertanam kuat dalam pendekatan klasik untuk investigasi kecelakaan dan penilaian risiko, ia tidak memiliki peran dalam pendekatan baru seperti rekayasa ketahanan. 

 Sebab-sebab Human Error
Menurut Atkinson (1998) sebab-sebab human error dapat dibagi menjadi:
1. Sebab-sebab primer
Sebab-sebab primer merupakan sebab-sebab human error pada level individu. Untuk menghindari kesalahan pada level ini, ahli teknologi cenderung menganjurkan pengukuran yang berhubungan ke individu, misalnya meningkatkan pelatihan, pendidikan, dan pemilihan personil (Sriskandan,1986)dalam Atkinson (1998). Bagaimanapun, saran tersebut tidak dapat mengatasi kesalahan yang disebabkan oleh penipuan dan kelalaian.
2. Sebab sebab manajerial
Penekanan peran dari pelaku individual dalam kesalahan merupakan suatu hal yang tidak tepat. Kesalahan merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan, pelatihan dan pendidikan mempunyai efek yang terbatas dan penipuan atau kelalaian akan selalu terjadi, tidak ada satupun penekanan penggunaan teknologi yang benar akan mencegah terjadinya kesalahan. Fakta ini telah diakui telah diakui secara luas pada literatur kesalahan dalam industri yang beresiko tinggi (Kletz,1985; ACSNI,1993) dikutip dari Atkinson (1998). Karena itu merupakan peranan manajemen untuk memastikan bahwa pekerja melakukan pekerjaan dengan semestinya, untuk memastikan bahwa sumber daya tersedia pada saat dibutuhkan dan untuk mengalokasikan tanggungjawab secara akurat diantara pekerja yang terlibat.
3. Sebab-sebab global
Kesalahan yang berada di luar kontrol manajemen, meliputi tekanan keuangan, tekanan waktu, tekanan sosial dan budaya organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar