Wanted . . . .

Total Tayangan Halaman

Minggu, 11 September 2011

Hadist Tentang Bersin

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ "، قِيلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللهِ ؟ قَالَ: " إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ، وَإِذَا عَطِسَ فَحَمِدَ اللهَ فَشَمِّتْهُ ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ


Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada enam”. Beliau ditanya: “Apakah hak-hak tersebut, ya Rasulullah?”. Beliau menjawab: “(1). Jika engkau berjumpa dengannya, maka ucapakanlah salam atasnya, (2). Jika ia mengundangmu, penuhilah undangannya, (3). Jika ia minta nasehat padamu, maka berilah nasehat padanya, (4). Jika ia bersin dan memuji Allah (tahmid), maka jawablah tahmidnya, (5). Jika ia sakit, jenguklah, dan, (6). Jika ia meninggal dunia, maka antarkanlah jenazahnya”. (HR. Imam Muslim, no. 2162).
Kali ini kita membahas tentang bersin
 

[عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : إِذاَ عَطِسَ أَحَدُكمْ فلْيَقُلْ الحمدُ للهِ وليَقُلْ أَخُوهُ أوْ صَاحِبهُ يرْحَمُكَ اللهُ فإذا قَالَ لهُ يَرْحَمُكَ اللهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيُصْلِحْ بَالَكُمْ ]رواه البخاري.
     Dari Abu Hurairah  dari Nabi, Beliau bersabda :  "Jika salah seorang dari kamu bersin hendaklah mengucapkan" : Al-Hamdulillah Hendaklah saudaranya atau temannya menjawab :Yarhamukallah (semoga Allah mengasihimu), dan jika saudaranya mengucapkan Yarhamukallah maka hendaklah ia mengucapkan : "Yahdikumullah wa yuslihu balakum, (Semoga Allah menunjukimu dan memperbaiki kondisimu)".  (HR. Bukhari)

Dan menurut ilmu kedokteran
bahwa bersin itu sangat baik bagi tubuh karena kita bernafas dari hidung kita secara tidak langsung kita tidak menyadari bahwa kita menghirup debu dan zat-zat yang lainnya. 
diwaktu kita bersin secara tidak langsung anti body kita menolak sesuatu yang tidak baik ke tubuh kita oleh sebap itu kita bersin.
Jadi kita itu kalau bersin sama dengan membuang virus yang ada di dalam tubuh kita

Dan ini baru diketahui oleh dunia kedokteran di abad 20 ini
sedangkan Rasulullah SAW telah menyampaikan kurang lebih 14 abad yang lalu.Subhannaullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar