Wanted . . . .

Total Tayangan Halaman

Minggu, 13 November 2011

KONSTRUKSI FULL MONOCOQUE PADA PESAWAT TERBANG

Konstruksi monocoque adalah suatu konstruksi dimana gaya-gaya/beban yang timbul diterima dan disebarkan keseluruh kulit pesawat terbang (Skin), sehingga kulit pesawat terbang disebut fully stressed skin atau kulit yang menerima gaya-gaya/beban-beban secara penuh. Kulit pesawat ini di tempelkan dengan paku keling (Rivet) atau diLem (Radux) pada rangka-rangka aluminium alloy.







Pada konstruksi monocoque ini biasanya kulit pesawat terbang dibuat bergelombang (Corrugated), untuk menambah kekuatan dan kekompakan kulit agar dapat mampu menerima gaya/beban yang timbul, biasanya konstruksi monocoque ini dipergunakan pada pesawat terbang kecil (Light aircraft), karena makin besar ukuran pesawat terbang makin besar pula gaya/beban yang harus diterima oleh seluruh pesawat terbang.

sebagai contoh pesawat terbang yang mempergunakan konstruksi full monocoque adalah pesawat terbang GELATIK PZL-104,



Pada Kontruksi ini pada dasarnya terdiri dari:
- longeron
- former
- skin
- bulkhead
- stringer

Pada konstruksi full monocoque bulkhead berfungsi sebagai pembentuk penguat badan pesawat terbang yang besar, yang menerima gaya beban yang besar, biasanya rangka utama adalah pesawat terbang yang dihubungkan dengan bagian-bagian utama yaitu:
-Sayap
-Roda pendarat




Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar