Wanted . . . .

Total Tayangan Halaman

Senin, 28 November 2011

MERAJUT KEBERSAMAAN DI TENGAH PERBEDAAN


PENGERTIAN KEBERSAMAAN
Kebersamaan memang nikmat dan nikmat. Banyak persoalan yang akan lebih mudah di selesaikan.sebaliknya bila kebersamaan terkoyak akan pahit rasanya dan akan banyak pengorbanan yang dibutuhkan untuk merajutnya kembali.
  Merajut dalam bahasa melayu mengandung pengertian menyatukan perca dengan cara menjahitnya hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Pengertiannya yang lebih luas adalah menyatukan berbagai unsur atau pendapat dalam satu bentuk yang sekata.
Dasar-dasar pembentukan pelapisan sosial
Ukuran atau kriteria yang menonjol atau dominan sebagai dasar pembentukan pelapisan sosial adalah sebagai berikut.
Ukuran kekayaan
Kekayaan (materi atau kebendaan) dapat dijadikan ukuran penempatan anggota masyarakat ke dalam lapisan-lapisan sosial yang ada, barang siapa memiliki kekayaan paling banyak mana ia akan termasuk lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial, demikian pula sebaliknya, yang tidak mempunyai kekayaan akan digolongkan ke dalam lapisan yang rendah. Kekayaan tersebut dapat dilihat antara lain pada bentuk tempat tinggal, benda-benda tersier yang dimilikinya, cara berpakaiannya, maupun kebiasaannya dalam berbelanja.
Ukuran kekuasaan dan wewenang
Seseorang yang mempunyai kekuasaan atau wewenang paling besar akan menempati lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan. Ukuran kekuasaan sering tidak lepas dari ukuran kekayaan, sebab orang yang kaya dalam masyarakat biasanya dapat menguasai orang-orang lain yang tidak kaya, atau sebaliknya, kekuasaan dan wewenang dapat mendatangkan kekayaan.
Ukuran kehormatan
Ukuran kehormatan dapat terlepas dari ukuran-ukuran kekayaan atau kekuasaan. Orang-orang yang disegani atau dihormati akan menempati lapisan atas dari sistem pelapisan sosial masyarakatnya. Ukuran kehormatan ini sangat terasa pada masyarakat tradisional, biasanya mereka sangat menghormati orang-orang yang banyak jasanya kepada masyarakat, para orang tua ataupun orang-orang yang berprilaku dan berbudi luhur.
Ukuran ilmu pengetahuan
Ukuran ilmu pengetahuan sering dipakai oleh anggota-anggota masyarakat yang menghargai ilmu pengetahuan. Seseorang yang paling menguasai ilmu pengetahuan akan menempati lapisan tinggi dalam sistem pelapisan sosial masyarakat yang bersangkutan. Penguasaan ilmu pengetahuan ini biasanya terdapat dalam gelar-gelar akademik (kesarjanaan), atau profesi yang disandang oleh seseorang, misalnya dokter, insinyur, doktorandus, doktor ataupun gelar profesional seperti profesor. Namun sering timbul akibat-akibat negatif dari kondisi ini jika gelar-gelar yang disandang tersebut lebih dinilai tinggi daripada ilmu yang dikuasainya, sehingga banyak orang yang berusaha dengan cara-cara yang tidak benar untuk memperoleh gelar kesarjanaan, misalnya dengan membeli skripsi, menyuap, ijazah palsu dan seterusnya.
Masyarakat berperan aktiv

masyarakat adalah pemeran paling penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. tanpa masyarakat negara itu tidak akan ada, karena masyarakat lah yang mempunyai peran dalam kehidupan sosial dan gerak perekonomian suatu bangsa dan negara. pada masa reformasi yang telah bergulir, masyarakat mempunyai hak memilih para wakil nya dan para pemimpin wilayah dan negara yang diambil dari unsur masyarakat itu sendiri. oleh karena itu masyarakat lah yang menjalankan kehidupan sosial dan ekonomi dengan diatur dan diarahkan oleh pemerintah yang telah dipilihnya.

tetapi di dalam diri masyarakat itu sendiri harus bisa dan juga jeli dalam menyeleksi serta memilah baik dan buruk aturan dan arah kehidupan yang dibuat oleh orang-orang yang dipilihnya, apakah harus diikuti ataupun tidak. sebab tidak selamanya apa yang telah dibuat oleh pemerintah itu telah sempurna , terkadang malah akan menjerumuskan masyarakat kedalam kehidupan tidak baik karena memihak kepada kepentingan-kepentingan tertentu. masyarakat secara tidak lansung harus cepat mengambil sikap dan menyadari hal-hal tersebut.

namun daripada itu ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian dari masyarakat itu sendiri dalam tujuan untuk menuju ke arah kehidupan yang baik secara sosial dan ekonomi. salah satu unsur yang mempengaruhinya adalah gaya hidup dari masyarakat itu sendiri. ada beberapa gaya hidup yang dapat diambil dari kultural bangsa kita sendiri seperti :
  1. Hidup sederhana
  2. Tumbuhkan sikap peduli dan tolong menolong antar sesama masyarakat
  3. Tetap tanamkan dan tumbuh kembangkan sikap gotongroyong.
  4. Tanamkan sikap Nasionalisme yang kuat terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.
  5. Selalu berjuang tanpa kenal menyerah tehadap permasalahan apaun yang melanda bangsa dan negara ini.
kenapa hal-hal tersebut diatas perlu dilakukan ? sebab masyarakat lah yang sebenarnya nahkoda dari negara ini walaupun pemimpin tertinggi adalah harus di bahu satu orang, namun orang tersebut adalah berasal dari masyarakat itu sendiri. apapun masalah yang dihadapi negara dan bangsa pasti akan dapat diatasi.


Adanya kebersamaan di tengah banyaknya perbedaan merupakan hal yang indah dan sulit terjadi, inilah yang terjadi di Indonesia saat ini walaupun banyak perbedaan di antara masyarakat yang ada dan walaupun juga sulit tetapi rakyat Indonesia dapat menumbuhkan kebersamaan di antara mereka. Perbedaan-perbedaan yang ada itu dapat berupa perbedaan suku, agama, maupun perbedaan budaya. Kesulitan-kesulitan dalam menciptakan kebersamaan itu bisa saja karena masalah ketidakcocokkan, misalnya antara orang yang berbeda suku maka kepentingannya serta kebudayaannya pun berbeda sehinggga sulit untuk berkumpul bersama dan menciptakan kebersamaan karena perbedaan itu.

ALLAH SWT menciptakan negeri kita tercinta ini memang terdiri dari orang-orang yang berbeda dan dengan latar belakang yang berbeda pula. Masyarakat Indonesia bisa disebut masyarakat plural artinya masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam orang yang memiliki latar belakang yang bermacam-macam pula.  Kebersamaan di dalam masyarakat yang memiliki latar belakang yang bermacam-macam akan sulit dicapai, hal ini dapat terjadi karena perbedaan yang ada menjadi suatu penghalang dalam mencapai kebersamaan. Maka oleh sebab itu cara yang tepat untuk menciptakan kebersamaan adalah dengan menghilangkan perbedaan yang ada dengan cara bersikap saling menghargai dan saling menghormati perbedaan yang ada.

Indonesia juga memiliki semboyan yang menyatukan rakyat Indonesia Yaitu Bhineka Tungga Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua, artinya walaupun masyarakat Indonesia berbeda-beda tetapi harus bisa menjadi satu kesatuan yang utuh serta bis tercipta kebersamaan. Bila hal itu dapat tercipta bukan tidak mungkin Indonesia bisa menjadi negara yang kokoh serta menjadi negara yang maju.

Kita ilustrasikan saja Indonesia sebagai seikat bunga yang didalamnya ada berbagai macam jenis bunga, b erbagai macam jenis bunga itu adalah rakyat Indonesia yang memiliki berbagai macam latar belakang. Kita lihat saja bila jenis-jenis bunga itu tidak disatukan menjadi satu kesatuan maka akan terlihat biasa-biasa saja tetapi jika berbagai macam jenis bunga itu kita jadikan satu ikat maka bunga-bunga itu akan tampak lebih indah. Sekarang tinggal usaha kita bagaimana untuk menyatukan dan menciptkan kebersamaan di antara rakyat Indonesia dan bila itu sudah tercipta Indonesia akan menjadi negara yang lebih baik.

Kebersamaan yang tercipta di antara perbedaan bisa kita ciptakan dengan sikap saling menghargai perbedaan yang ada, maksudnya kita jangan menganggap perbedaan yang ada itu sebagai sesuatu yang buruk bagi kita dan juga menganggap bahwa perbedaan itu hanya menghalang-halangi untuk menciptakan kebersamaan. Kita harus menganggap bahwa semua rakyat Indonesia adalah sama. Masalah-masalah yang banyak timbul di Indonesia sekarang ini justru semakin menumbuhkan kebersamaan kita dan hal itu harus disadari oleh semua rakyat Indonesia. Kita akan selalu bersama-sama menghadapi masalah yang ada tanpa peduli bahwa kita memiliki perbedaan. Jadi kita harus bisa menciptakan kebersamaan di tengah perbedaan yang ada agar negara kita tercinta ini menjadi negara yang maju serta aman, nyaman, dan sejahtera.

DARI BERBAGAI SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar