Wanted . . . .

Total Tayangan Halaman

Kamis, 23 Agustus 2012

Inilah Materi Brosur Panduan Muslim DKI Wajib Pilih Foke-Nara


Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Walau sudah ada peringatan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) soal larangan berkampanye di rumah ibadah, namun ternyata ajakan memilih kandidat tertentu masih terjadi di salah satu masjid di Jakarta, yakni Masjid Ahmad Yani, Jl Lembang 56A, Menteng, Jakarta Pusat.

Masjid yang terletak dekat dengan rumah dinas Fauzi Bowo itu menempelkan pamflet "Panduan Memilih Pemimpin Jakarta" yang ditulis sebagai hasil pertemuan ulama Menteng yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan dihadiri sekitar 500 jamaah pada Sabtu (11/8) di Masjid Ahmad Yani, Lembang, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam lampiran panduan yang diperoleh Beritasatu.com, tertulis dengan tegas imbauan agar umat Muslim DKI Jakarta dalam pemilihan gubernur putaran kedua nanti memilih pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara).

"Kami meminta agar umat Islam DKI Jakarta dalam pemilihan gubernur putaran ke-2 memilih pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli sebagai tanggung jawab keagamaan (Masullyah Dinniyah) kita semua untuk Jakarta," tulis panduan dalam brosur itu.

Dalam prolog panduan menyebutkan para Ulama dan Habaib merasa bertanggung jawab atas terselenggaranya pemilihan gubernur DKI Jakarta. Sehingga, mereka merasa berkewajiban membuat tausiyah atau pesan kepada umat Islam DKI Jakarta.

Berikut ini intisari materi yang tertulis di dalam brosur "Panduan Memilih Pemimpin Jakarta" itu:

1. Umat Islam harus memilih pasangan calon Gubernur DKI yang memiliki kemampuan untuk menciptakan kemaslahatan bagi seluruh warga Jakarta, kemaslahatan yang harus diciptakan adalah kemashlahatan duniawiyah dan dinniyah sesuai dengan kaidah ayat Alquran.

2. Umat Islam harus memilih calon yang memiliki keunggulan dibanding calon lain dari segi keagamaan, keilmuan, pengalaman dan lain-lain. Memiliki calon yang tidak memiliki afdoliyah (keunggulan) yang dianggap sebagai berkhianat kepada Allah, Rasulullah, dan umat Islam lainnya.

3. Pasangan yang memiliki kemampuan Aqwamiyah memiliki keunggulan adalah pasangan H. Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli, dengan alasan Fauzi Bowo sebagai calon gubernur adalah seorang yang kuat agamanya, dikenal dekat dengan ulama dan pernah menjadi Kepala Tausiyah NU DKI Jakarta.

Memiliki pendidikan yang cukup bahkan tamatan Perencanaan Kota dari Jerman, memiliki pengalaman yang cukup dalam mengabdi DKI Jakarta dan telah banyak meraih prestasi selama menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Sedangkan, Nachrowi Ramli sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta adalah seorang purnawirawan tentara yang tegas dan memahami masalah-masalah keamanan DKI Jakarta yang dapat memperkuat dan mebantu Fauzi Bowo.

Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli adalah pasangan yang ideal dan serasi yang kedua-duanya adalah muslim yang baik dan dapat diandalkan untuk bisa membawa kemashlahatan DKI Jakarta baik duniawiyah maupun dinniyah.

4. Atas hal tersebut kami meminta agar umat Islam DKI Jakarta dalam pemilihan gubernur putaran kedua memilih pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli sebagai tanggung jawab keagamaan (Masuliyah Dinniyah) kita semua untuk Jakarta.

Di bagian akhir, panduan itu terdapat sejumlah tanda tangan yang ditandatangani oleh ketua MUI Jakarta DR KH Ma'ruf Amir, serta Ketua MUI Prof DR Umar Shihab dan Wakil Sekjen MUI Noor Achmad.(fq/beritasatu)

SUMBER : http://www.eramuslim.com/berita-inilah-materi-brosur-panduan-muslim-dki-wajib-pilih-fokenara.html

Sumarna, Pimpinan Aliran Sesat di Sukabumi Terancam Hukuman Mati


Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Pemimpin aliran sesat di Kampung Cisalopa, Desa Bojong Tipar, Kecamatan Jampangtengan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sumarna, dijerat pasal berlapis yakni pasal tentang penistaan agama dan pembunuhan berencana.
"Kami menjerat Sumarna dengan pasal 156.a KUHP tentang pencegahan, penyalahgunaan dan penodaan agama, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan pasal 340 atau pasal 338 jo pasal 55 atau pasal 56 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup," kata Kapolres Sukabumi AKBP Muhamad Firman di Palabuhanratu, Kamis (23/8/2012).
Selain Sumarna yang merupakan pimpinan aliran sesat di Kampung Cisalopa, polisi juga menangkap Budiman yang merupakan adik sekaligus pengikut Sumarna dalam ajaran sesatnya. Budiman juga menjerat dengan pasal yang sama. Selain itu, polisi juga menangkap 12 tersangka lainnya yang merupakan pengikut Sumarna dan menjerat dengan pasal pembunuhan berencana.    
Dikatakannya, Sumarna merupakan otak dari perencanaan pembunuhan terhadap korban dan Budiman sebagai koordintor lapangan. Kedua tersangka ini merupakan kakak beradik dan yang sangat berperan dalam penyebaran aliran sesat ini.
Dan 15 tersangka lainnya tiga diantaranya masih DPO bertugas sebagai pelaksan pembunuhan. "Korban dibunuh dengan cara dijerat lehernya yang kemudian dikubur bersama motornya, para pengikut Sumarna ada yang bertugas sebagai pelaksana pembunuhan dan ada yang turut serta pada aksi tersebut," kata Firman.    
Dari perkampungan aliran tersesat tersebut, pihaknya juga menyita 10 bom molotov, panah beserta busurnya, golok, cangkul, garpu tanah dan motor milik korban. Untuk cangkul dan garpu digunakan untuk mengubur jasad korban, sementara bom molotov dan panah serta busurnya digunakan untuk mempertahankan diri dari warga yang geram dengan kegiatan aliran sesat tersebut.    
"Ajaran yang dilakukan Sumarna jelas merupakan aliran sesat dan bukan ajaran Thoriqoh Tijaniyah yang merupakan tarekat legal dan diakui di Indonesia. Ajaran yang diajarkan Sumarna telah menyimpang dari akidah Islam seperti shalat hanya empat waktu dan tidak ada shalat Jumat," tambah Firman.    
Sementara, Bupati Sukabumi, Sukmawijaya mengatakan, dalam kasus penistaan agama ini pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Polres Sukabumi untuk ditangani lebih lanjut. Dan pemerintah sendiri akan berkoordinasi dengan aparat hukum untuk membubarkan ajaran yang diajarkan oleh Sumarna.
"Kepada pengikutnya kami akan membinanya agar tidak kembali ke ajaran sesat yang diajarkan oleh Sumarna, sehingga bisa kembali ke tengah masyarakat sebagai mana umumnya. Dan masyarakat harus mengerti ajaran yang diajarkan Sumarna adalah murni aliran sesat dan bukan ajaran dari Thoriqoh Tijaniyah," kata Sukmawijaya.
Di tempat yang sama, tersangka Sumarna menyatakan dirinya mengajarkan aliran yang diberi nama oleh dirinya Tijaniyah Mutlet Cimahi karena merasa batinnya ada yang membisiki agar menyebarkan ajaran sesatnya tersebut. Sementara, pembunuhan berencana yang dilakoninya terhadap Endin, karena dirinya kesal dan benci sebab ustadz tersebut sangat menentang keras ajarannya dan menghalangi pembuatan sumur artesis yang nantinya akan digunakan sebagai air suci.(fq/kompas)
   

Aliran Sesat Pemicu Konflik di Sukabumi?


Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Tuduhan aliran sesat kembali menyebabkan konflik horisontal yang menimbulkan korban tewas. Kali ini terjadi di Sukabumi, yang melibatkan jamaah tarekat At-Tijaniyah pimpinan Sumarna, aliran yang dianggap sesat oleh warga setempat.

Ratusan warga Kampung Cisalopa, desa Bojong Tipar, Sukabumi, Jawa Barat, membakar habis perkampungan yang dihuni pengikut ajaran Sumarna itu. Beruntung aksi anarki yang dilakukan warga ini tidak menimbulkan korban jiwa. Sebab, sebanyak 18 kepala keluarga yang terdiri dari 70 orang pengikut ajaran Tijaniyah telah terlebih dulu dievakuasi polisi dan TNI, menyusul bentrokan yang terjadi sepekan sebelumnya.

Tapi tidak ada asap tanpa ada api. Aksi kemarahan warga yang membakar perkampungan jamaah Tijaniyah disebabkan hilangnya Ustadz Endin, pemuka agama setempat. Warga menduga Ustadz Endin diculik dan dibunuh oleh pengikut Tijaniyah pimpinan Sumarna.

Ustadz Endin kemudian ditemukan di kebon singkong yang terletak sekitar 500 meter dari belakang rumah Sumarna dalam keadaan tewas. Jasad itu ditemukan malam hari usai pembakaran perkampungan At-Tijaniyah, setelah polisi mendapat informasi dari hasil interogasi para tersangka.

Penggalian lokasi tempat Ustadz Endin dikubur dilakukan oleh Polres Sukabumi dibantu oleh anggota TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 310/Kidang. Saat ditemukan, korban dalam posisi telungkup dengan menggunakan celana pendek, kaos dan jaket hitam.  

Kapolres Sukabumi, AKBP Muhammad Firman, mengatakan telah menetapkan 13 tersangka terkait pembunuhan Ustadz Endin. “Salah satu yang ditahan dan menjadi tersangka adalah Sumarna, jamaah At-Tijaniyah. Tapi kemungkinan masih akan ada tersangka lain dalam kasus ini. Kami masih lakukan pendalaman,” kata Firman, Rabu 22 Agustus 2012.

Kepolisian Daerah Jawa Barat kemudian menjelaskan kronologi yang menyebabkan pembakaran perkampungan Tijaniyah. Menurut Polda Jabar, keluhan warga mengenai aliran sesat jamaah At-Tijaniyah bentukan Sumarna sudah dilaporkan ke Polres Sukabumi sejak 8 Juli 2012.

Atas informasi itu, polisi, pimpinan daerah, dan MUI sudah mengamankan pimpinan dan pengikut ajaran itu. "Setelah diamankan dilakukan pertemuan dan pengucapan dua kalimat syahadat, sebagai pertanda dengan ikhlas kembali kepada ajaran Islam," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Martinus Sitompul, dalam keterangan tertulisnya.

Sumarna kemudian membuat pernyataan kontroversial, yaitu akan terjadi kiamat pada 17 Agustus 2012 pada pukul 02.00. Hal ini menyebabkan warga kembali panas dan berkumpul di sekitar rumah Sumarna, tapi polisi dan TNI kemudian mengamankan Sumarna dan adiknya, Budiman.

Pada 19 Agustus pada pukul 14.15, sekitar 1.000 orang kembali berkumpul. Warga berkerumun karena adanya kabar akan hilangnya Ustadz Endin yang sejak 14 Agustus tidak diketahui keberadaannya. "Karena tidak menemukan keberadaan Ustadz Endin di sekitar rumah Sumarna, massa melakukan perusakan dan pembakaran rumah Sumarna," ujar Martinus.

Sekitar pukul 20.00 jasad Ustadz Endin kemudian ditemukan dikubur di belakang rumah Sumarna. Mendengar informasi ini, warga semakin mengamuk dan mulai membakar rumah pengikut Sumarna.

Bukan Tijaniyah


Menanggapi peristiwa ini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi, Zezen Zainal Abidin, mengatakan konflik yang menyebabkan tewasnya Ustadz Endin dan pembakaran perkampungan Tijaniyah sebagai tindakan murni kriminal. “Tarekat Tijaniyah tidak sesat. Konflik ini bukan pertentangan pemahaman mengenai tarekat,” ucap Zezen.

Zezen kemudian menjelaskan, MUI telah melakukan pertemuan dengan pimpinan Tarekat Tijaniyah. Dari pertemuan diketahui bahwa Sumarna pernah berlajar ajaran Tijaniyah kepada orang yang salah sehingga ajaran yang diajarkannya pada pengikutnya selama ini sesat.

Selain itu, dari pertemuan dengan para tokoh tarekat Tijaniah diketahui kalau Sumarna bukan tokoh dari tarekat tersebut. Mereka menjelaskan bahwa di Indonesia hanya ada 12 orang yang diangkat menjadi muqqodam atau pemimpin ajaran Thoriqoh Tijaniyah, dan Sumarna bukanlah salah satu dari muqqodam.

Sumarna juga diketahui pernah berusaha membangun ajarannya di Bogor lima tahun lalu. Tapi warga setempat menganggap ajaran Sumarna sesat, Sumarna pun diusir.

"Sumarna mengajarkan ajaran sesat, pada pengikutnya, seperti salat hanya empat waktu, pengikutnya tidak perlu melakukan ibadah salat subuh. Selain itu, tidak ada salat Jumat bagi pengikut Sumarna. Ini jelas salah dan keluar dari aturan agama Islam. Saya menentang ajaran Sumarana karena bukan ajaran tarekat Tijaniyah,” kata Zezen.

MUI meminta masyarakat tidak terjebak polemik ini, sehingga menganggap Tijaniyah sebagai aliran sesat. MUI khawatir bila tidak segera di berikan pencerahaan, masyarakat akan terjebak dan melakukan tindakan anarki pada jamaah tarekat Tijaniyah di tempat lain.

Dari catatan sejarah, keberadaan tarekat Tijaniyah sudah dibahas dalam Muktamar Jam’iyyah Nahdlatul Ulama ke 3 tahun 1928 di Surabaya. Ketika itu muktamar memutuskan bahwa tarekat Tijaniyah adalah muktabarah dan sah.

Keputusan ini kemudian diperkuat lagi dengan Muktamar NU ke VI tahun 1931 di Cirebon, yang intinya tetap memutuskan bahwa Tijaniyah adalah muktabarah dan sah. Jadi ditinjau dari keputusan NU maka tarekat Tijaniyah sudah ada di
Indonesia sebelum tahun 1928.

“Tarekat Tijaniyah adalah sah dan tidak sesat. Kami juga akan terus berupaya mengembalikan nama baik tarekat Tijaniyah setelah terjadinya kasus ini. Dan kepada anggota thoriqoh Tijaniyah, kami imbau tidak melakukan tindakan yang bisa menambah panjang konflik ini," ucap Zezen.(fq/vivanews)

Pesawat Drone AS Ditembak Jatuh Pejuang Taliban di Afghanistan Timur

Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Sebuah pesawat udara tak berawak AS telah jatuh di provinsi timur Nangarhar Afghanistan, Press TV melaporkan.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas ditembaknya pesawat tersebut, yang jatuh di dekat Bandara Jalalabad pada Rabu kemarin (22/8).

Militer AS sendiri telah menggunakan pesawat drone di Somalia, Yaman, Pakistan, Libya, dan Irak.

Washington mengklaim bahwa serangan udara yang mereka lakukan menargetkan para militan, namun sumber-sumber lokal mengatakan warga sipil justru yang menjadi korban utama dari serangan itu. PBB menyebut pesawat tak berawak AS yang menyerang target sipil telah melanggar hukum internasional.

Serangan udara tersebut diprakarsai oleh mantan Presiden AS George W. Bush tetapi semakin meningkat di bawah Presiden Barack Obama.(fq/prtv)

Afrika Selatan Setuju Produk dari Pendudukan Israel Ditandai


Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Kabinet Afrika Selatan pada hari Rabu kemarin (22/8) mengatakan telah menyetujui pemberian label Pendudukan Wilayah Palestina atas barang impor dari pemukiman Yahudi.

Menteri Perdagangan Afsel setuju untuk mengeluarkan pemberitahuan yang mengharuskan produk wilayah pendudukan ditandai, sehingga pembeli tahu barang yang mereka beli bukan produk Israel, juru bicara pemerintah Jimmy Manyi mengatakan dalam konferensi pers.

"Hal ini sejalan dengan sikap Afrika Selatan yang mengakui perbatasan tahun 1948 yang digambarkan oleh PBB dan tidak mengakui wilayah-wilayah pendudukan di luar perbatasan ini sebagai bagian dari negara Israel," ujarnya.

Rencana tersebut menuai aksi protes di Afrika Selatan dan mendapat kecaman oleh kementerian luar negeri Israel.

Pemimpin Yahudi setempat mengatakan Rabu kemarin bahwa masyarakat yahudi sangat marah atas apa yang mereka sebut tindakan "diskriminatif" dan langkah memecah belah.

Afrika Selatan sendiri mengatakan dukungan atas Palestina berasal dari sejarah negara mereka sendiri yang mengalami tindakan apartheid, berupa penindasan dan sejenisnya seperti yang dialami Palestina saat ini.(fq/afp)

Jumlah Tentara AS yang Tewas di Afghanistan Lampaui 2.000 Orang


Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Jumlah tentara Amerika yang tewas dalam perang di Afghanistan telah melampaui dua ribu orang, dimana lebih dari separuh korban tewas terjadi dalam 27 bulan terakhir.

Laju peningkatan jumlah korban tewas itu terjadi sewaktu Presiden Barack Obama mengirim ribuan tentara tambahan ke Afghanistan untuk mengintensifkan peran pasukan koalisi NATO yang dipimpin Amerika melawan para gerilyawan.

Kini tentara Amerika sedang ditarik bersama-sama mitra internasional mereka, sementara pasukan Afghanistan mengambilalih kendali keamanan menjelang tenggat waktu bagi pasukan tempur asing meninggalkan Afghanistan pada tahun 2014.

Polisi dan tentara Afghanistan yang tewas juga lebih banyak sejak perang dimulai tahun 2001.  Statistik sejak tahun 2007 menunjukkan lebih dari 6.500 anggota pasukan keamanan Afghanistan tewas.

PBB melaporkan lebih dari 13 ribu warga sipil Afghanistan juga tewas akibat konflik sejak tahun 2007 itu.(fq/voa)

Ulama Meminta Warga Palestina Tetap Shalat di Masjid Al-aqsha

Ulama Meminta Warga Palestina Tetap Shalat di Masjid Al-aqsha
Kubah batu di kompleks Al-Aqsha
Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Kepala pengadilan Islam Syaikh Yusuf Idais menyerukan warga Palestina untuk terus shalat di Masjid Al-Aqsha Yerusalem, pada peringatan percobaan pembakaran masjid suci tersebut.

Syaikh Idasi mengatakan kebakaran, yang dilakukan oleh warga Australia pada tahun 1969, adalah serangan kriminal yang bertujuan untuk mendirikan kebun talmud di halaman masjid.

Dia mengatakan bahwa saat ini pemerintah Israel ingin membangun sebuah kuil Yahudi di situs tersebut, dan menegaskan bahwa pernyataan politik dan praktek Israel sangat membahayakan masjid Al-Aqsha.

Idais mendesak Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan Liga Arab agar segera mengadakan pertemuan untuk mengatasi ancaman Israel terhadap tempat suci Islam dan Kristen di Yerusalem.

Kompleks Al-Aqsha, yang meliputi masjid dan Kubah Batu, adalah situs paling suci ketiga dalam Islam dan berbatasan dengan situs di mana orang-orang Yahudi percaya bahwa kuil Sulaiman pernah berdiri.(fq/mna)

Kelompok Islam Mulai Larang Musik Barat Diputar di Radio Swasta yang Ada di Mali Utara


Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Kelompok Islam yang menguasai Mali utara, Rabu kemarin (22/8) melarang musik kecuali lantunan ayat-ayat Alquran di stasiun radio swasta, sesuai dengan syariah yang mereka tegakkan.

Apakah lagu-lagu dari Madonna, Rihanna atau Youssou Ndour, semua lagu-lagu tersebut telah dinyatakan ajaran setan.

"Kami, para mujahidin dari Gao, Timbuktu dan Kidal mulai sekarang menolak penyiaran dari semua musik barat di radio di tanah Islam," kata Oussama Ould Abdel Kader, juru bicara Gerakan Tauhid dan Jihad di Afrika Barat (MUJAO).

Dia merujuk pada tiga wilayah administratif di bawah kendali kelompok-kelompok Islam bersenjata selama lima bulan terakhir.

Kader mengatakan larangan tersebut diberlakukan pada hari Rabu, menambahkan bahwa "syariah menuntut hal itu."

"Kami telah berbicara dengan orang-orang yang memiliki stasiun radio. Kita tidak lagi ingin adanya musik Setan diputar. Sebaliknya harus ada lantunan ayat-ayat Alquran. Musik Barat adalah musik setan."

MUJAO telah mengendalikan wilayah Gao, namun Kader mengatakan ia berbicara untuk semua kelompok bersenjata, yang meliputi Ansar Dine (Pembela Iman).

Keduanya bertindak di bawah naungan Al-Qaidah di Maghreb Islam (AQIM). Mereka menguasai bagian utara Mali di belakang kudeta militer pada 22 Maret yang menjerumuskan negara Afrika barat itu ke dalam krisis.

Dalam beberapa pekan terakhir para Islamis telah meningkatkan penerapan syariah, rajam terhadap pasangan yang belum menikah sampai mati dan memotong tangan pencuri. Merokok dan minum dilarang dan wanita harus berhijab.(fq/afp)

Selasa, 21 Agustus 2012

Rusia Luncurkan TV Islam yang Beroperasi Selama 24 Jam

Rusia Luncurkan TV Islam yang Beroperasi Selama 24 Jam

Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Saluran televisi Islam pertama Rusia, Al-RTV, mulai mengudara selama 24 jam dan mencakup delapan kawasan di negara itu.

Televisi itu didirikan oleh organisasi Muslim terbesar Rusia untuk meningkatkan nilai keagamaan dan akan mencakup enam republik Kaukaus Utara, Bashkortostan, dan Tatarstan.

Al-RTV diluncurkan Senin kemarin (20/08) bertepatan dengan Uraza Bairam atau perayaan Idul Fitri.

Redaktur TV Rustam Arifdzhanov adalah juga wakil presiden untuk Akademi Eropa Asia untuk televisi dan radio Rusia.

Saluran televisi ini berada di bawah dewan publik yang mencakup perwakilan dari semua organisasi Islam Rusia.

"Mulai dari hari pertama kami beroperasi, kami nyatakan bahwa kami adalah saluran televisi publik," kata Arifzhanov dalam wawancara dengan RIA Novosti.

Dana operasi saluran televisi itu berasal dari sumbangan masyarakat dan juga hibah pemerintah.

Pihak televisi Al-RTV merencanakan untuk memperluas cakupan televisi Islam ini ke kawasan lain di Rusia.(fq/bbc)

Menteri Perdagangan Juga Belum Tahu Ada Buah Israel Masuk Indonesia




Menteri Perdagangan Juga Belum Tahu Ada Buah Israel Masuk Indonesia 










Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, mengaku belum tahu ada impor buah asal Israel di Indonesia. “Mana buktinya?” kata Gita, Ahad 19 Agustus 2012 . Menurut dia, pemerintah Indonesia sampai sekarang tak punya hubungan dagang dengan Israel.

Menteri Perdagangan mengaku belum menerima laporan apapun terkait beredarnya kurma dan jeruk dari Israel di pasaran Indonesia.

Data soal buah Israel ini bersumber dari rilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada 7 Agustus 2012 lalu. Badan Pusat Statistik mengumumkan ada sembilan jenis buah impor yang diminati konsumen Indonesia. Dua di antaranya berasal dari Israel. Pada Juni 2012 lalu, ada impor  20,6  ton buah kurma senilai US$ 191.300 dari Israel. Dua bulan sebelumnya, ada impor jeruk Shantang masuk Indonesia sebanyak 0,666 ton dengan nilai US$ 709, juga dari Israel.(fq/tempo)

Jumat, 17 Agustus 2012

Alfian Tanjung: Minta Rhoma Baca UU, Ahok Juga Harus Baca Al Quran

Alfian Tanjung: Minta Rhoma Baca UU, Ahok Juga Harus Baca Al Quran
Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Pernyataan Calon Wakil Gubernur DKI, Basuki T Purnama atau Ahok yang meminta Rhoma Irama membaca UU terkait kepemimpinan mendapat tanggapan dari Pimpinan Taruna Muslim, Alfian Tanjung.

Menurut Alfian Tanjung, Ahok juga harus membaca kitab suci Al Quran yang dengan tegas melarang untuk memilih pemimpin dari non-Islam. "Kalau Rhoma disuruh baca UU, saya minta Ahok baca Al Quran dan terjemahannya biar tahu masalah ini," kata Alfian Tanjung kepada itoday, Kamis (16/8).

Menurut Alfian, Ahok yang masih mempermasalahkan keputusan Panwaslu DKI dengan membebaskan Rhoma Irama menunjukkan wakil Jokowi itu menyebarkan SARA. "Masalah SARA yang dituduhkan Rhoma sudah selesai, kenapa Ahok masih mempersoalkan lagi?" tanya Alfian Tanjung.

Selain itu, Alfian menyesalkan Ahok masih mengutip pernyataan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj yang membolehkan pemimpin non-Islam. "Yang diungkapkan Ahok ini SARA juga, padahal semua sepakat untuk mengedepankan program. Tidak sepantasnya seorang calon wakil gubernur DKI terbawa-bawa kasus SARA," jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Calon Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih kecewa dengan keputusan Panawaslu DKI yang memutuskan Rhoma Irama tidak bersalah dalam ceramah di Masjid Al Isra, Duren Sawet, Jakarta Barat.

Demikian dikatakan Ahok kepada wartawan di sela-sela peluncuran "Jokowi-Ahok Social Media Volunteer (Jasmev)" di Jakarta, Ahad (12/8).

Ahok juga meminta Rhoma Irama membaca UU bahwa semua warga boleh menjadi pemimpin di Indonesia.

Ia menegaskan sebagai warga asli Indonesia bukan warga asing keturunan yang dituduhkan Raja Dangdut itu.(fq/itoday)

Sumber : http://www.eramuslim.com/berita-alfian-tanjung-minta-rhoma-baca-uu-ahok-juga-harus-baca-al-quran-.html


Mengajak Teman Masuk Kristen Malah Menunjukkanku Pada Islam



Eramuslim.com | Media Islam Rujukan,

Islam adalah doktrin yang paling logis yang tidak akan pernah ditemukan di agama lainnya

Namaku Rasheed. Aku berasalah dari Florida, Amerika. Usiaku 24 tahun. Aku masuk Islam pada Desember 2004, saat itu aku baru berumur 17 tahun. Saat ini ku bekerja sebagai tekhnisi lab mata.

Aku ingin bercerita tentang bagaimana aku masuk Islam, dan mungkin memberikan sedikit nasehat bagi mereka yang tengah mencari jalan hidupnya, InshaAllah.

Sama seperti anak gereja kecil lainnya, aku dibesarkan di Gereja Baptis daerah Selatan. Aku rajin mengunjungi gereja secara rutin, mempelajari injil dan melakukan pelayanan, jadi ku tahu kitabku. Aku tidaklah pintar, tetapi cukup mengetahui untuk seorang anak berusia 13 hingga 17 tahun ketika ku mempelajari agamaku.

Bagaimana Persepsiku Terhadap Islam

Sebelum memeluk Islam, aku sangat mengimani kepercayaan kristen akan trinitas, sebagaimana seorang Baptis dari Selatan, dan aku sangat teguh dengan kepercayaan ini. Aku tidak mengetahui banyak tentang Islam untuk memiliki pendapat. Ku pikir waktu itu semacam ketidakacuhan diri karena bagaimana media memberitakan tentang Islam. Sehingga ku tak ingin mengetahui Islam, ku takut akan apa yang mungkin aku pelajari. Jadi ku berpikir sebagaimana yang diberitakan oleh media pada dasarnya.

Mengetahui bahwa orang terdekat meninggalkan kepercayaan yang sangat aku cintai, sangat membuatku tersinggung.
Ku tidak tahu banyak tentang Islam, tetapi sebenarnya aku telah melakukan pekerjaan yang adil terhadap agama lain seperti budha, hindu dan hal itu kulakukan murni karena ketertarikan dan rasa ingin tahu terhadap budaya timur. Karena dibesarkan dengan kepercayaan kristen, mempelajari alkitab sehingga kita akan mendapatkan informasi dasar tentang Yahudi karena Perjanjian Lama tercantum dalam alkitab. Jadi, ku tahu sedikit mengenai Yahudi, hal-hal dasar tentang Hindu dan Budha, Taoisme meski tidak banyak, dan sedikit Shinto. Sehingga awalnya ku melihat dan mengetahui dasar-dasar agama-agama besar lainnya.

Ku tak pernah melakukan perjalanan untuk mencari kebenaran, karena dibesarkan di gereja secara teguh seperti yang kujalani, ku berpikir bahwa aku sudah menemukan kebenaran. Jadi yang sebenarnya terjadi adalah ada seorang teman sekolah yang ingin berpindah agama, saat itu kami adalah teman baik. Tetapi dibesarkan di lingkungan kristen, dan kemudian mengetahui bahwa seorang teman yang sama-sama bersekolah bersama meninggalkan agama yang kucintai, benar-benar membuatku terpukul mengapa ia memilih meninggalkan agama ini. Akhirnya aku menganggap hal itu secara pribadi seperti layaknya ku melakukan perang salib untuk membawanya kembali ke gereja, memberikannya kesaksian dan segala halnya, tapi tanpa mengetahui apapun tentang agama yang ia anut sekarang.

Aku melakukan usaha terbaikku, dan melalui apa yang harus kulakukan akhirnya yaitu meneliti Islam sendiri dan dengan bertanya padanya juga, sebagaimana nanti kita akan melakukan berbagai debat tentang doktrin-doktrin. Akhirnya kami banyak melakukan diskusi, dia banyak mengajariku berbagai hal tentang Islam, dan ku tak dapat berkata banyak karena ku tak mengetahui sebelumnya, semua hal tampak masuk akal bagiku, dan ku tak bisa berkata-kata. Ketika hal ini berlangsung, sebenarnya adalah misiku untuk membawanya keluar dari Islam, namun justru aku yang tertarik pada Islam, Alhamdulillah.

Yaa, aku tidak pergi mencari kebenaran seperti kebanyakan orang. Tetapi kukira Allah menunjukkanku pada Islam dengan cara-Nya, Alhamdulillah.

Hidup Setelah Islam

Ku bisa benar-benar jujur dan berkata bahwa hidupku belum sepenuhnya berubah karena bagaimana ku dibesarkan, seperti sering pergi ke gereja. Gaya hidupku tidak berubah banyak. Aku hanya menjalani ibadah-ibadah harian dan berhenti memakan babi.Ku tidak menikmati alkohol pada saat itu, sehingga ku tak perlu benar-benar meninggalkannya.

Mempercayai Tuhan dalam konsep trinitas aku selalu menerimanya karena itu yang kita percayai, tetapi au tidak memahaminya. Jadi jika kau tidak memahami akan sesuatu, bagaimana mungkin kau dapat mengatakan bahwa kau mempercayainya?
Aku dapat mengatakannya dengan percaya diri bahwa ku tak pernah benar-benar percaya pada Konsep Tuhan yang tiga. Ku percaya adanya Tuhan, tetapi yang berubah adalah kepercayaanku terhadap Yesus, semoga keberkahan selalu bersamanya, dalam hubungannya terhadap Tuhan dan juga terhadap kita. Itulah yang benar-benar berubah.

Jalan Hidup Yang Lengkap

Jangan khawatir dan letakkan kepercayaan kita pada Tuhan.
Dari lubuk hatiku yang harus kukatakan adalah lakukan saja, karena menurutku berbicara dengan alasan adalah satu-satunya cara dalam hidup yang harus orang ikuti. Ini adalah cara hidup yang paling lengkap yang tak akan ada di agama lainnya. Islam adalah ajaran yang paling logi, dan cara hidup yang dianjurkan sekaligus diperintahkan oleh Tuhan adalah cara hidup yang sempurna.

Saran saya hanya untuk memastikan bahwa apa yang Anda inginkan untuk diri Anda, lakukan saja. Jangan khawatir dan simpan kepercayaanmu pada Tuhan. Dan juga, jika Anda telah memiliki teman muslim dan saling berkomunikasi, mintalah padanya untuk mengajarkan Anda tentang Islam. Dan jangan malu untuk memintanya mengajak Anda ke mesjid yang biasa ia kunjungi dan berbicara dengan Imam atau dengan orang yang memiliki pengetahuan lebih tentang Islam dalam jemaah mereka.

Bagi Anda yang telah memutuskan untuk mengambil jalan ini, Selamat! Anda akan selalu ada dalam doa saya agar selalu diberi petunjuk dan kesuksesan di dalam hidup ini dan juga di akhirat kelak, kehidupan yang sesungguhnya.

Saran saya lainnya, waspadalah dari mana Anda mendapat informasi. Jangan terburu-buru bergabung dengan sebuah sekte yang menggembar-gemboran berbagai slogan dan hal lainnya. Pelajarilah informasi yang didapat, secara perlahan-lahan, ini adalah awal dari jalan kebenaran. Anda baru saja mulai. Anda tidak akan mendapat kebenaran yang utuh hanya dalam setahun. Gunakanlah waktu Anda. Pastikan untuk selalu memurnikan niat Anda, dan apapun yang kita lakukan hanya untuk Allah dan untuk beribadah pada-Nya.

Saudaraku seagama, dan semoga juga saudara-saudara muslimku yang baru, ku berharap apa yang kusampaikan dapat bermanfaat dalam cara apapun, IshaAllah, dan menginspirasi untuk memeluk Islam dan terus istiqomah dalam jalan ini.

Sebutlah ku dalam doa-doa kalian.[wn/onIslam]  
SUMBER : ERAMUSLIM 

Bejat, Israel Akan Gelar Festival Khamar di Halaman Sebuah Masjid




Bejat, Israel Akan Gelar Festival Khamar di Halaman Sebuah Masjid 
Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Kelompok Islam menyatakan kemarahan mereka pada Kamis kemarin (16/8) atas rencana untuk mengadakan festival anggur/wine di kota Israel Beer el-Sabe, yang dijadwalkan berlangsung bulan depan di halaman luar sebuah bangunan yang sebelumnya digunakan sebagai masjid.

Cabang selatan dari Gerakan Islam di Israel mengatakan festival ini merupakan "dosa yang tidak bisa dimaafkan" dan "pukulan keras untuk sensitivitas umat Muslim," menurut laporan media Israel.

Gerakan Islam, (juga dikenal sebagai Gerakan Islam di Palestina 48) adalah gerakan yang menganjurkan Islam di antara warga Arab dan Israel tidak menerima keberadaan negara Israel. Kelompok itu mengatakan bahwa bahkan publisitas untuk festival wine merupakan penghinaan terhadap sensitivitas Muslim.

Festival Tahunan ke-6 "Salut Wine and Beer Festival" yang akan diselenggarakan di Beer el-Sabe (Beer Sheva) pada 5-6 September 2012 mendatang akan menampilkan minuman beralkohol dari sekitar 30 pabrik dan perkebunan anggur dari seluruh negeri, selain produk impor.

Festival juga akan menyajikan sejumlah pertunjukan musik, menurut organisasi "Adalah" Pusat Hukum untuk Hak Minoritas Arab di Israel.

Pada hari Kamis kemarin, Adalah mengumumkan telah mengirim surat hukum kepada Jaksa Agung Israel, Menteri Kebudayaan dan Olahraga, dan Kotamadya Beer el-Sabe menuntut mereka mengintervensi dan membatalkan festival.

"Ini adalah masalah sensitif yang membahayakan kepentingan semua warga Arab," tulis pengacara Adalah Aram Mahameed dalam surat itu.

"Penggunaan pelataran Masjid untuk meminum khamar adalah garis merah yang dilarang dalam Islam, dan benar-benar tidak sesuai dengan penggunaan masjid yang ditujukan untuk berdoa."

"Surat itu menambahkan bahwa Festival Wine, bersama dengan peristiwa lain yang sedang berlangsung, terang-terangan melanggar keputusan Mahkamah Agung Israel yang dikeluarkan pada bulan Juni 2011, memerintahkan masjid untuk dirubah menjadi sebuah museum sejarah dan kebudayaan Islam," tulis pernyataan Adalah.

Pada tahun 2002, Adalah telah mengajukan petisi menuntut masjid dibuka kembali untuk shalat. Masjid itu terbuka untuk shalat sampai 1948, kemudian berubah menjadi sebuah penjara dan kemudian gedung pengadilan sampai 1952. Dari tahun 1953 sampai 1991, dibuka sebagai "Museum Tanah Negeb," dan kemudian kosomh dan diabaikan dari tahun 1991.

Masjid tersebut dibangun selama Era Usmani pada tahun 1906.(fq/aby)
SUMBER : ERAMUSLIM
 

Selasa, 07 Agustus 2012

Utsman bin Affan, sang Dzunnurain (bag 1)


Eramuslim.com | Media Islam Rujukan,
Utsman bin Affan sedang membaca Al-Qur’an ketika beberapa orang merangsek ke dalam kamarnya. Ia membaca ayat-ayat suci itu dengan khusyuk dan suara bergetar. Suaranya tidak terlalu terdengar jelas, juga tidak terlalu pelan. Para durjana yang masuk itu memaksanya menghentikan tilawahnya. Tiba-tiba salah seorang dari mereka loncat ke hadapan Utsman dan berteriak, “Antara aku dan engkau ada Kitabullah,” sambil menebaskan pedang. Utsman menangkisnya hingga tangannya terputus. 

Darah mengucur dari tangan membasahi mushaf yang ada di hadapan Utsman, tepat mengenai firman Allah swt.: Maka jika mereka beriman kepada apa yang kamu telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk; dan jika mereka berpaling, sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (dengan kamu). Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. 2:137). 

Seorang durjana lain maju menyabetkan pedangnya. Nailah bint al-Farafashah yang ada di dekat Utsman menangkap sabetan pedang itu hingga jari-jarinya putus. Orang itu kembali mengayunkan pedangnya ke arah perut Utsman. Lalu Kinanah ibn Basyar maju dan memukul keningnya dengan sepotong besi. Utsman pun jatuh tersungkur. Kemudian giliran Sawdan ibn Hamran al-Maradi memukulnya. Terakhir, Amr ibn al-Hamq lompat ke atas tubuh Khalifah Utsman dan menghujamkan senjatanya sebanyak tujuh kali. 

Rasa rindu Utsman kepada junjungan terkasih, Rasulullah saw. akan segera terobati. Sudah lama ia menantikan saat-saat ini. Pagi ini, ia merasa bahwa harapannya akan segera jadi kenyataan. Ia sudah punya firasat sebab tadi malam sang kekasih, sang mertua, dan junjungannya yang mulia, Rasulullah menemui Utsman dalam mimpinya. Rasulullah berkata, “Malam ini, makanlah bersama kami, wahai Utsman.” 

Utsman menyadari bahwa akhir perjalanannya telah tiba dan ujung pengembaraannya telah mendekat sehingga ia mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Saat maut menjemput ia dalam keadaan berpuasa dan telah membebaskan dua puluh orang budak. Bahkan ia meminta pakaian yang panjang, khawatir auratnya tersingkap ketika para durjana itu membunuhnya. 
Itulah hari terakhir dan perjumpaan terakhir antara Utsman dan keluarga serta para sahabatnya. Para perawi meriwayatkan bahwa hari itu adalah Jum’at. Itulah Jum’at kelabu dalam sejarah umat Islam. 

Untuk kali pertama, seorang pemimpin umat, Amirul Mukminin, pemimpin kaum beriman, dibunuh oleh sebagian golongan. Inilah awal petaka yang akan menghancurkan keutuhan dan kesatuan umat. Sejak saat ini pula berbagai kelompok umat Islam mulai saling curiga dan saling berperang. Fitnah besar mencerai beraikan keutuhan umat, dan Utsman menjadi korbannya! Lebih menyedihkan lagi, ia tewas di tangan sebagian golongan muslim! Bagaimanakah sebenarnya pribadi sang Khalifah ketiga yang dikenal pemalu ini?

Seputar Pribadi Utsman: Sifat dan Keutamaannya

Khalifah yang terbunuh dan teraniaya itu adalah khalifah ketiga setelah Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Dialah Utsman bin Affan. Nasabnya bertemu Nabi pada kakek yang keempat, Abdu Manaf. Dari sisi ibu, nasab keduanya bertemu pada Urwa bint Kariz. Ibunda Urwa adalah Baydha bint Abdul Muththalib, bibi Nabi.

Dulu pada masa pra-Islam, ia sering dipanggil Abu Amr. Setelah masa Islam, ia sering dipanggil Abu Abdullah. Julukannya yang paling terkenal adalah Dzunnuruain – Sang Pemilik Dua Cahaya. Itulah julukan yang paling disukainya. Julukan itu diberikan oleh Nabi karena keutamaannya di sisi Nabi, ia menikahi dua putri Nabi,. Ruqayyah r.a. dan Ummu Kultsum r.a.

Usia Utsman enam tahun lebih muda daripada Rasulullah saw. Ia lahir di Taif, daerah yang paling subur di kawasan Hijaz. Selayaknya anak-anak jazirah lain, Utsman tumbuh di dalam masyarakat yang diliputi kejahiliyahan dan kesesatan. Jalan hidupnya berubah tatkala Abu Bakar menyerunya kepada Islam. Ia yang memang dikenal santun dan terjaga etika pribadinya, dengan serta merta menerima seruan itu. Semenjak menjadi seorang muslim, Utsman tak henti-hentinya mengorbankan jiwa dan raganya demi Islam. Bahkan harta kekayaannya yang melimpah ruah pun rela dikorbankan.

Abdullah ibn Umar r.a. berkata, “Bagi kami, di zaman Rasulullah, tidak seorang pun yang menandingi Abu Bakar, kemudian Umar, kemudian Utsman. Para sahabat Rasulullah bersumpah untuk tidak membeda-bedakan mereka satu sama lain.” (HR. Bukhari)

Salah satu prestasi terbaik Utsman adalah menyatukan gaya bacaan (qiraat) Al-Qur’an semua umat Islam. Ia menyusun mushaf sesuai dengan apa yang Jibril tuntun kepada Rasulullah di akhir hayatnya. Rasulullah menyifati Utsman sebagai al-shadiq dan al-syahid. Ketika Rasulullah berada di atas sebuah gunung batu bersama Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Thalhah, dan Zubair, tiba-tiba berguncang. Rasulullah bersabda, “Tenanglah! Karena di sisi kalian ada Nabi, Shadiq dan syahid.” (HR. Muslim)

Salah satu sifat dan keutamaan Utsman yang paling dikenal adalah kedermawanannya. Utsman termasuk sahabat yang paling berharta dibandingkan dengan yang lainnya. Sejak dulu, ia dikenal sebagai pedagang yang sukses dan hartanya melimpah. Ia tak segan mengorbankan harta bendanya demi Islam. Ia pernah menanggung biaya penyiapan pasukan (jays al-‘usrah), membeli sumur yang kemudian dihadiahkan kepada umat Islam.

Sifat lainnya yang dikenal luas dari diri Utsman adalah sifatnya yang pemalu. Rasulullah bersabda, “Umatku yang paling pengasih adalah Abu Bakar; yang paling keras membela agama Allah adalah Umar; yang paling pemalu adalah Utsman; yang paling mengetahui halal-haram adalah Muadz bin Jabal; yang paling menguasai Kitabullah adalah Ubay; yang paling memahami faraid adalah Zaid ibn Tsabit. Setiap umat memiliki bendahara, dan bendahara umat ini adalah Abu Ubaidah ibn al-Jarrah.” (HR. Tirmidzi)

Karena teramat pemalunya, bahkan malaikat pun merasa malu kepada Utsman bin Affan. Aisyah menceritakan bahwa suatu hari Rasulullah sedang berbaring di rumah. Saat itu kaki beliau tersingkap. Tiba-tiba Abu Bakar datang meminta izin bertemu. Nabi mengizinkannya, lalu beliau berbincang-bincang dengan posisi tubuh tetap seperti itu. Selanjutnya Umar datang, dan beliau tetap dengan posisi seperti itu. Setelah itu Utsman datang. Tiba-tiba Rasulullah duduk dan membenarkan pakaiannya. Utsman masuk dan ikut berbincang-bincang dengan mereka. Setelah keluar, Aisyah berkata kepada Nabi, “Ketika Abu Bakar masuk, engkau tidak membenarkan pakaianmu. Setelah Umar masuk, engkau tetap bergeming. Tetapi ketika Utsman masuk, engkau duduk dan membenarkan pakaianmu.”

Rasulullah bersabda, “Tidakkah aku malu pada orang yang malaikat pun malu kepadanya?!” (HR. Muslim)

Dalam sanad lain beliau berkata, “Utsman itu pemalu. Jika ia kubiarkan masuk ketika aku dalam keadaan seperti itu, aku takut ia urung menyampaikan urusannya.” (HR. Muslim)
 
Lebih jauh, Rasulullah menyatakan bahwa akhlak Utsman adalah yang paling serupa dengan akhlak beliau. Rasulullah bersabda, “Hormatilah ia, karena ia termasuk sahabatku yang akhlaknya paling mirip denganku.” (HR. Ahmad)

Bersemangatlah di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan


Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Segala puji bagi Allah atas berbagai macam nikmat yang Allah berikan. Shalawat dan salam atas suri tauladan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada keluarganya dan para pengikutnya.

Para pembaca -yang semoga dimudahkan Allah untuk melakukan ketaatan-. Perlu diketahui bahwa sepertiga terakhir bulan Ramadhan adalah saat-saat yang penuh dengan kebaikan dan keutamaan serta pahala yang melimpah. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Oleh karena itu suri tauladan kita -Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam- dahulu bersungguh-sungguh untuk menghidupkan sepuluh hari terakhir tersebut dengan berbagai amalan melebihi waktu-waktu lainnya.

Sebagaimana istri beliau -Ummul Mu’minin Aisyah radhiyallahu ‘anha- berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَجْتَهِدُ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مَا لاَ يَجْتَهِدُ فِى غَيْرِهِ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya.” (HR. Muslim)

Aisyah radhiyallahu ‘anha juga mengatakan,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ ، وَأَحْيَا لَيْلَهُ ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan), beliau mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi para istri beliau dari berjima’, pen), menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari & Muslim)

Maka perhatikanlah apa yang dilakukan oleh suri tauladan kita! Lihatlah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bukanlah malah mengisi hari-hari terakir Ramadhan dengan berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan untuk persiapan lebaran (hari raya). Yang beliau lakukan adalah bersungguh-sungguh dalam melakukan ibadah seperti shalat, membaca Al Qur’an, dzikir, sedekah dan lain sebagainya. Renungkanlah hal ini!

Keutamaan Lailatul Qadar

Saudaraku, pada sepertiga terakhir dari bulan yang penuh berkah ini terdapat malam Lailatul Qadar, suatu malam yang dimuliakan oleh Allah melebihi malam-malam lainnya. Di antara kemuliaan malam tersebut adalah Allah mensifatinya dengan malam yang penuh keberkahan. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ (3) فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan [44]: 3-4)

Malam yang diberkahi dalam ayat ini adalah malam lailatul qadar sebagaimana ditafsirkan pada surat Al Qadar. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadar [97]: 1)

Keberkahan dan kemuliaan yang dimaksud disebutkan dalam ayat selanjutnya,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar [97] : 3-5)

Catatan: Perhatikanlah bahwa malam keberkahan tersebut adalah lailatul qadar. Dan Al Qur’an turun pada bulan Ramadhan sebagaimana firman Allah Ta’ala,

شَهْرُ رَمَضَانَ الذي أُنْزِلَ فِيهِ القرآن

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran.” (QS. Al Baqarah [2] : 185)

Maka sungguh sangat keliru yang beranggapan bahwasanya Al Qur’an itu turun pada pertengahan bulan Sya’ban atau pada 17 Ramadhan lalu diperingati dengan hari NUZULUL QUR’AN. Padahal Al Qur’an itu turun pada lailatul qadar. Dan lailatul qadar -sebagaimana pada penjelasan selanjutnya- terjadi pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Renungkanlah hal ini!

Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi ?


Lailatul Qadar itu terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Terjadinya lailatul qadar di malam-malam ganjil itu lebih memungkinkan daripada malam-malam genap, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Terjadinya lailatul qadar di tujuh malam terakhir bulan ramadhan itu lebih memungkinkan sebagaimana hadits dari Ibnu Umar bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ – يَعْنِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ – فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلاَ يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِى

“Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa.” (HR. Muslim)

Dan yang memilih pendapat bahwa lailatul qadar adalah malam kedua puluh tujuh sebagaimana ditegaskan oleh Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu. Namun pendapat yang paling kuat dari berbagai pendapat yang ada sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar dalam Fathul Bari bahwa lailatul qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun. Mungkin pada tahun tertentu terjadi pada malam kedua puluh tujuh atau mungkin juga pada tahun yang berikutnya terjadi pada malam kedua puluh lima tergantung kehendak dan hikmah Allah Ta’ala. Hal ini dikuatkan oleh sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى تَاسِعَةٍ تَبْقَى ، فِى سَابِعَةٍ تَبْقَى ، فِى خَامِسَةٍ تَبْقَى

“Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa.” (HR. Bukhari)

Catatan: Hikmah Allah menyembunyikan pengetahuan tentang terjadinya malam lailatul qadar di antaranya adalah agar terbedakan antara orang yang sungguh-sungguh untuk mencari malam tersebut dengan orang yang malas. Karena orang yang benar-benar ingin mendapatkan sesuatu tentu akan bersungguh-sungguh dalam mencarinya. Hal ini juga sebagai rahmat Allah agar hamba memperbanyak amalan pada hari-hari tersebut dengan demikian mereka akan semakin bertambah dekat dengan-Nya dan akan memperoleh pahala yang amat banyak. Semoga Allah memudahkan kita memperoleh malam yang penuh keberkahan ini. Amin Ya Sami’ad Da’awat.

Do’a di Malam Lailatul Qadar


Sangat dianjurkan untuk memperbanyak do’a pada lailatul qadar, lebih-lebih do’a yang dianjurkan oleh suri tauladan kita -Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam- sebagaimana terdapat dalam hadits dari Aisyah. Beliau radhiyallahu ‘anha berkata,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ « قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى »

“Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?” Beliau menjawab, “Katakanlah: ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’ (artinya ‘Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani. Lihat Ash Shohihah)

Tanda Malam Lailatul Qadar

[1] Udara dan angin sekitar terasa tenang. Sebagaimana dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi. Haytsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqoh/terpercaya)

[2] Malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan tersebut dan merasakan kelezatan dalam beribadah, yang tidak didapatkan pada hari-hari yang lain.

[3] Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya sebagaimana terjadi pada sebagian sahabat.

[4] Matahari akan terbit pada pagi harinya dalam keadaan jernih, tidak ada sinar. Dari Abi bin Ka’ab bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Shubuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik.” (HR. Muslim) (Lihat Shohih Fiqh Sunnah II/149-150)

I’tikaf dan Pensyari’atannya

Dalam sepuluh hari terakhir ini, kaum muslimin dianjurkan (disunnahkan) untuk melakukan i’tikaf. Sebagaimana Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf pada setiap Ramadhan selama 10 hari dan pada akhir hayat, beliau melakukan i’tikaf selama 20 hari. (HR. Bukhari)

Lalu apa yang dimaksud dengan i’tikaf? Dalam kitab Lisanul Arab, i’tikaf bermakna merutinkan (menjaga) sesuatu. Sehingga orang yang mengharuskan dirinya untuk berdiam di masjid dan mengerjakan ibadah di dalamya disebut mu’takifun atau ‘akifun. (Lihat Shohih Fiqh Sunnah II/150)

Dan paling utama adalah beri’tikaf pada hari terakhir di bulan Ramadhan. Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan sampai Allah ‘azza wa jalla mewafatkan beliau. (HR. Bukhari & Muslim)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah beri’tikaf di 10 hari terakhir dari bulan Syawal sebagai qadha’ karena tidak beri’tikaf di bulan Ramadhan. (HR. Bukhari & Muslim)

I’tikaf Harus di Masjid dan Boleh di Masjid Mana Saja

I’tikaf disyari’atkan dilaksanakan di masjid berdasarkan firman Allah Ta’ala,

وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ

(Tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam masjid.” (QS. Al Baqarah [2]: 187)

Demikian juga dikarenakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam begitu juga istri-istri beliau melakukannya di masjid, dan tidak pernah di rumah sama sekali.

Menurut mayoritas ulama, i’tikaf disyari’atkan di semua masjid karena keumuman firman Allah di atas (yang artinya) “Sedang kamu beri’tikaf dalam masjid”.

Adapun hadits marfu’ dari Hudzaifah yang mengatakan, “Tidak ada i’tikaf kecuali pada tiga masjid”, hadits ini masih dipersilisihkan apakah statusnya marfu’ atau mauquf. (Lihat Shohih Fiqh Sunnah II/151)

Wanita Juga Boleh Beri’tikaf

Dibolehkan bagi wanita untuk melakukan i’tikaf sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengizinkan istri tercinta beliau untuk beri’tikaf. (HR. Bukhari & Muslim)

Namun wanita boleh beri’tikaf di sini harus memenuhi 2 syarat: [1] Diizinkan oleh suami dan [2] Tidak menimbulkan fitnah (masalah bagi laki-laki). (Lihat Shohih Fiqh Sunnah II/151-152)

Waktu Minimal Lamanya I’tikaf

I’tikaf tidak disyaratkan dengan puasa. Karena Umar pernah berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Ya Rasulullah, aku dulu pernah bernazar di masa jahiliyah untuk beri’tikaf semalam di Masjidil Haram?” Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Tunaikan nadzarmu.” Kemudian Umar beri’tikaf semalam. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan jika beri’tikaf pada malam hari, tentu tidak puasa. Jadi puasa bukanlah syarat untuk i’tikaf. Maka dari hadits ini boleh bagi seseorang beri’tikaf hanya semalam, wallahu a’lam.

Yang Membatalkan I’tikaf

Beberapa hal yang membatalkan i’tikaf adalah: [1] Keluar dari masjid tanpa alasan syar’i atau tanpa ada kebutuhan yang mubah yang mendesak (misalnya untuk mencari makan, mandi junub, yang hanya bisa dilakukan di luar masjid), [2] Jima’ (bersetubuh) dengan istri berdasarkan Surat Al Baqarah: 187 di atas. (Lihat Shohih Fiqh Sunnah II/155-156)

Perbanyaklah dan sibukkanlah diri dengan melakukan ketaatan tatkala beri’tikaf seperti berdo’a, dzikir, dan membaca Al Qur’an. Semoga Allah memudahkan kita untuk mengisi hari-hari kita di bulan Ramadhan dengan amalan sholih yang ikhlas dan sesuai dengan petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Sumber Rujukan:

    Shohih Fiqh Sunnah II
    Majalis Syahri Ramadhan
    Adwa’ul Bayan

***

Disusun oleh: Muhammad Abduh Tuasikal
Dimuroja’ah oleh: Ustadz Abu Sa’ad, M.A.
Artikel www.muslim.or.id

Arab Saudi Tuduh Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Muslim Rohingya


Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Arab Saudi pada hari Senin kemarin (6/8) menuduh pihak berwenang di negara mayoritas Buddha Myanmar melakukan "pembersihan etnis" terhadap minoritas Rohingya Muslim di barat negara itu, media pemerintah melaporkan Selasa hari ini (7/8).

Kabinet Saudi mengatakan mereka mengutuk keras kampanye pembersihan etnis dan serangan brutal terhadap warga Muslim Myanmar Rohingya, serta pelanggaran hak asasi manusia dengan memaksa mereka meninggalkan tanah air mereka," kata sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita resmi SPA.

Kabinet, dipimpin oleh Raja Abdullah, mendesak masyarakat internasional untuk mengambil tanggung jawab dengan menyediakan perlindungan yang dibutuhkan bagi umat Islam di Myanmar dan mencegah terjadinya kerugian lebih lanjut dari kehidupan warga Muslim.

Sebelumnya, Kepala Organisasi Kerjasama Islam yang berbasis di Saudi pada hari Minggu lalu mengusulkan untuk mengirim misi OKI untuk menyelidiki "pembantaian" terhadap Muslim Rohingya.

OKI akan mencoba untuk membujuk pemerintah di Yangon untuk menerima misi pencari fakta OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu mengatakan pada pertemuan komite eksekutif organisasi Muslim dunia terbesar ini yang berbasis di kota Jeddah Saudi.

OKI menyatakan kekecewaannya atas kegagalan masyarakat internasional untuk mengambil tindakan untuk menghentikan pembantaian, pelanggaran, penindasan dan pembersihan etnis yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar terhadap Muslim Rohingya."

Pada hari Minggu, Ketua Parlemen Arab, Ali al-Salem al-Dekbasi mengatakan insiden kekerasan yang terjadi di Myanmar terhadap Muslim adalah "pembersihan etnis".

"Ribuan Muslim di Myanmar menghadapi pembantaian, genosida dan pembersihan etnis. Saya menyerukan semua pemimpin Muslim untuk segera campur tangan dalam insiden ini, "kata al-Dekbasi.

"Saya menyerukan pemerintah Myanmar untuk menangkap mereka yang bertanggung jawab atas serangan terhadap kaum muslimin. Semua mereka yang bertanggung jawab harus diadili oleh Mahkamah Pidana Internasional, "tambah al-Dekbasihe.(fq/aby)